Inspirasi, Youthand

Menghargai Diri Sendiri

Jika anda mengikuti perkembangan berita internasional saat ini, terutama pada bidang teknologi, tentu anda sudah familiar dengan robot. Dengan semakin majunya teknologi, robot pun sekarang bisa melakukan banyak hal. Ada robot yang bisa berbicara seperti manusia, memadamkan api, bahkan sekarang sudah ada robot yang ditugaskan untuk operasi militer. Hebat bukan? Tugas manusia semakin mudah dengan adanya robot-robot disekitarnya.

Sebagai seorang biasa, jika anda ditanya, berapakah harga yang pantas untuk sebuah robot yang mampu melakukan hal-hal seperti yang manusia lakukan? Robot yang mampu bangun pagi, sedih, bahagia, berjuang untuk hal yang diinginkan, memasak, mencintai, dan hal-hal lainnya? apakah 1 Milyar? 10 Milyar? 100 Milyar? 1 Trilyun? Atau lebih besar lagi?

Apabila anda sependapat dengan saya, harga robot itu pastilah sangat mahal dan tidak sembarang orang bisa membeli atau bahkan menyentuhnya. Sekarang, mari kita bertanya pada diri sendiri. Jika anda menghargai sebuah robot yang bisa melakukan hal-hal yang bisa anda lakukan sendiri dengan harga yang super mahal, lalu bagaimana nilai anda sebagai manusia yang secara alami telah diberikan kemampuan luar biasa oleh Tuhan?

Kalau anda mengagumi robot yang bisa berbicara, bagaimana anda memperlakukan diri sendiri yang memiliki kemampuan berbicara lebih hebat? Bahkan yang terhebat di muka bumi ini?

Kalau anda mengagumi robot yang bisa tertawa atau bersedih, lalu bagaimana anda memperlakukan diri sendiri yang memiliki kemampuan merasakan yang jauh lebih hebat?

Banyak hal yang kita kagumi di dunia ini, namun kita seringkali lupa bahwa Tuhan telah menitipkan hal-hal luar biasa pada diri kita ini. Sebuah tubuh yang selama ini kita anggap tidak lebih dari media hidup. Kehidupan yang kita miliki bukanlah sekedar kesempatan untuk bermain-main, namun jauh lebih besar dari itu. Kita memiliki potensi untuk menjadi pribadi yang luar biasa dan mampu merubah lingkungan sekitar menjadi lebih baik pula.

Memang terkadang butuh tamparan untuk menyadarkan orang yang tidur terlalu pulas. Jadi tamparlah hatimu, jika ia sudah mulai tidak sadar akan arti pentingnya kehidupan ini. Kita memiliki begitu banyak anugerah yang Tuhan titipkan, maka mulai saat ini mari kita menghargai diri sendiri dan jadikan kehidupanmu lebih bermakna.

 

~Tulisan ini terinspirasi dari buku Think and Grow Rich Workbook 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *